REVITALISASI POSYANDU KECAMATAN DUKUN

Senin, 4 April 2016

REVITALISASI POSYANDU KECAMATAN DUKUN

Posyandu merupakan kegiatan yang tumbuh Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat (DOUM), sehingga keberhasilan, tata kelola operasional dan tingkat perkembangan serta kemajuan kelembagaan Posyandu menjadi tanggung jawab kita bersama. Posyandu akan menjadi modal sosial masyarakat yang besar dalam pembangunan, khususnya pada bidang kesehatan yang bersifat?promotif?danpreventif?(pencegahan).? Dengan demikian keberadaan Posyandu perlu dibina dan dilestarikan agar peran dan fungsinya sebagai lembaga yang melayani kesehatan dasar yang berbasis masyarakat pada tingkatan terendah, yaitu RT/RW di setiap Desa/ Kelurahan dapat terwujud. Selain itu, posyandu juga memiliki peran yang sangat penting dalam sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan dasar? dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara dini dan merupakan lini terdepan dari deteksi dini di bidang kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Berangkat dari hal inilah, PKK Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan Revitalisasi Posyandu di seluruh Kecamatan di Kabupaten Magelang. Sabtu, 13 Februari 2016 merupakan jadwal pertama kegiatan ini, dimulai dari Kecamatan Dukun.

Kurang lebih dua ratus peserta hadir dalam kegiatan ini, terdiri dari TP PKK Kecamatan Dukun, Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Dukun , Pokjanal Posyandu se Kecamatan Dukun dan para Bidan Desa se Kecamatan Dukun.

Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Ny. Tanti Zaenal Arifin, juga turut hadir dalam kegiatan ini, beliau juga menyampaikan beberapa perhatian, diantaranya beliau memberikan semangat dan perhatian yang besar kepada seluruh kader dan pihak yang terlibat dalam kegiatan posyandu ini. Selain itu, beliau juga berharap besar, semua pihak dapat ikut berkontribusi dalam rangka revitalisasi posyandu ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari Kepala Bapermaspuan dan KB dan perwakilan dari Dinas Kesehatan.