Bhakti sosial pemeriksaan iva test bagi TP PKK Desa

Selasa, 7 Juni 2016

Bhakti sosial pemeriksaan iva test bagi TP PKK Desa

 

Kamis, 2 Juni 2016 bertempat di Puskesmas Borobudur, sebanyak 57 orang peserta Bhakti Sosial yang mengikuti pemeriksaan IVA test di Puskesmas Borobudur. Kegiatan ini merupakan kegiatan TP PKK Kabupaten Magelang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

IVA test merupakan metode pemeriksaan awal deteksi kanker serviks. Perlu diketahui, bahwa sel kanker serviks akan berkembang menjadi kanker setelah periode 10-15 tahun yang akan datang. Kebanyakan para penderita kanker baru menyadari penyakitnya saat sudah berada di stadium lanjut, sehingga kesempatan untuk sembuh hanya tinggal persentase kecil saja. Diharapkan dengan mengikuti pemeriksaan ini, pasien yang hasil tes IVA nya positif bisa diobati sejak dini, sehingga nantinya tidak akan berkembang menjadi penyakit yang mematikan.

Metode IVA test ini sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan asam asetat, dan hasilnya bisa langsung diketahui dari hasil reaksi pemeriksaan itu. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, berbeda dengan pemeriksaan papsmear yang perlu mengeluarkan biaya lumayan besar, dan hasilnya pun, baru bisa diketahui beberapa hari kemudian.

Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Ny. Tanti? Zaenal Arifin hadir juga dalam kegiatan ini, beliau berkesempatan membuka pelaksanaan bhakti sosial ini. Beliau sangat mendukung kegiatan ini, dan berharap semoga dengan kegiatan ini, semakin banyak warga yang sadar akan pentingnya pemeriksaan ini, sehingga nantinya akibat dari penyakit kanker serviks ini bisa diminimalisir.?